Tuesday, May 1, 2012

UAN (Ujian Agak Ngawur)

Dulu... Waktu gw kecil (wah, gw pernah kecil toh?! ck..ck..ck), gw takut banget pas lagi UAN. Setiap kali ada ujian nasional, gw pasti langsung sakit. Sensasinya luar biasa waktu kita lagi sibuk ngurek-ngurek jawaban sambil nahan air terjun niagara dr idung...
MySpace

Tahun 2012 ini gw nemenin anak2 kelas 9 UAN. Seru-seru asoy gitu deh. Kali ini, sekolah gw boleh nyelenggarain UAN sendiri! Otomatis, guru sekolah lain bakal jadi pengawas di sekolah gw dan beberapa korban dari sekolah gw dikirim ke sana.


Ada 2 orang temen gw yang lolos seleksi pengawas UAN yang dilakukan dengan intensif dan sensitif. Biar kayak di tipi2 (cth: acara buser, patroli, dkk...), gw akan menyebut 2 temen gw dengan nama samaran, Bunga dan Desa...yang disingkat menjadi Bunga Desa.

Saya Bunga...


Saya Desa...

Kami BUNGA DESA... Pilih kami untuk Cibubur beranak... MySpace

Sekolah gw tukeran pengawas ama sebuah sekolah swasta yang namanya AL-Pukat (ini cuma nama samaran loh, sumpah!) Kita semua belum pernah denger nama sekolah itu jadi agak2 galau ama ragu gituh. Untung cuma tukeran pengawas! Klo tukeran kolor juga gimana??? 
MySpace

Di suatu hari (tsah..!), Desa pergi survey AL-Pukat bareng sama bos2 gw. Ternyata di daerah Cimanggis ini masih ada tempat yang terpencil kayak upil gitu. Jalan ke AL-Pukat ini menantang maut, cuma muat 1 mobil dan bawahnya langsung jurang. Untungnya bukan langsung kober! MySpace

Kondisi sekolahnya cukup memprihatinkan. Rata2 ortu murid di sana kerjanya jadi buruh cuci. Malah ada 1 anak yang ikut UAN umurnya udah 19 tahun. Makanya, setelah ngeliat sekolah itu, bos2 gw pun pengen charity ke sana. Untungnya pihak AL-Pukat juga ga keberatan. Makasih atas kerja samanya...
MySpace

Tibalah hari ketika Bunga Desa harus ngawas di sana, tanggal 23-26 April.

Hari Pertama (23 April 2012)
AL-Pukat ini sekolah Islam jadi sebelum belajar, mereka pasti baca doa. Bunga Desa cukup religius sebenernya (Ea! Tumben gw muji. Jangan lupa no rekening gw yak) Tapi ternyata, murid2 AL-Pukat jauh lebih religius. Mereka baca doa panjaaaaaaaannng bgt, ga selesai2 kayak istighosah akbar!

Setelah tahlilan selesai, UAN siap dimulai.
Papan ujian, cek...
Penghapus, cek...
Pensil ukuran mini, cek...

WHAT?! Ukuran pensil mereka mini2 banget kayak abis disunat. Mereka bilang guru2 mereka ngasih dari sejak try out pertama dan HARUS cukup sampe UAN. Coba bayangkan situasi seperti ini dalam konteks lain:

"Anak2, senang sekali kita bisa kumpul untuk acara buka puasa bersama. Ayo, kita makan!"

"Asyik..."

"Makan yang banyak ya, anak2! Karena makanan kalian yang sekarang ini harus cukup sampe buka puasa bersama lagi tahun depan. OK?"
MySpace

Akhirnya dimulailah UAN Bahasa Indonesia... Karena Bunga Desa keliling2 buat ngecek hasil urekan mereka, mereka jadi grogi stadium 4. Saking groginya, sampe ada yang kebelet p**p. Menurut peraturan, murid2 yang lagi UAN ga boleh ke toilet sampe ujian selesai. Tapi karena Desa ngeliat muka ini anak udah sampe ungu sambil nyengir2 kuda karena nahan2, diizinkanlah dia menjawab panggilan alam.

Kecepatan mereka ngerjain juga macam keong, lelet banget. 10 menit sebelum kelar, ada 8 no yang belum diisi dan yang lain2 belum diurek dengan sepenuh hati. Alhasil, Bunga nyari pahala.

"Ya udah..kamu baca 8 nomor yang kamu belum isi. Biar ibu aja yang ngurek2in"

Enak bangeeett tu murid! Mauuu dooonggg.... Hari berikut2nya pengawasnya dikasih LJK juga deh biar ga ngantuk...

MySpace

Hari Kedua (24 April 2012)
Doa yang tadinya panjaaaaaang udah dipendekin, jadinya panjang ajah. Bunga Desa juga jadi Sinterklas di hari uijian Bahasa Inggris itu.

"Anak2... Bapak dan Ibu bawa pensil dan penghapus buat kalian semua. Hayo, mana yang anak baik biar Bapak dan Ibu kasih!"

"Mau yang itu, yang ituuuuuu...."

Anak2 itu udah ga merasa tegang dengan Bunga Desa. Saking ga tegangnya murid2 itu, ada yang ngelunjak.

Ada 1 anak perempuan yang namanya gw samarkan jadi Ceriyati. Menurut Bunga, Ceriyati ini klo lagi mikirin jawaban, sering banget ngeliatin Desa. Eeaa...!!!

Klo gw bilang, Ceriyati lagi ga mikirin jawaban, tapi mikirin masa depan.

"Klo gw bisa jadian sama bapak guru itu, pasti ortu gw ga bakal nyuruh gw masuk SMA tapi bakal langsung nyuruh gw kawin. Yess..."

MySpace

Karena Ceriyati punya udang dibalik peyek sama Desa, dia pun berusaha mendekatkan diri.

"Ini tulisannya apa sih, KAK?"

Cieee....ditaksir anak esempe!!!!!!!!!!!!!!!!!

Hari Ketiga (25 April 2012)
Ujian matematika kayaknya ga terlalu susah buat murid2 AL-Pukat. Terbukti abis UAN, 7 murid perempuan (kayaknya termasuk Ceriyati) nyamperin Desa yang baru keluar dari toilet.

Mereka langsung ngerubungin Desa sambil bilang, "Bapak ganteng deh!"

Bayangkan seorang guru yang masih mabok ama bau WC disamperin ababil2 yang bilang dia ganteng. Desa langsung kabur karena takut diperkosa.

MySpace

Ada usul buat Kepsek AL-Pukat... Gimana klo Desa dikawinin sama Ceriyati trus Bunga dikawini sama yang 19 tahun? Ea! Just kidding
MySpace

Hari Keempat (16 April 2012)
Hari keempat itu kan ujian IPA; guru pengampu IPA ga boleh jadi pengawas. Jadi Bunga diganti sama temen gw yang lain lagi karena Bunga itu guru IPA. Bunga digantiin sama Sebelah. Jadi klo nama tiga temen gw digabung Bunga Desa Sebelah. 
MySpace

Sebelah bawa2 handycam pas lagi UAN kayak lagi syuting 'Dunia Lain'. Sebenernya buat kepentingan dokumentasi sih. Cuma dia bikin si murid 19 tahun ketar-ketir oyeh karena dideketin. Untung ga mimisan tu anak...
MySpace

Selain bikin murid pangling, Sebelah juga sangat memesona guru komputer AL-Pukat. Di depan kepsek, Sebelah dipanggil "ibu". Pas tinggal berdua, jurus tendangan sosis ayam keluar deh.

"Mbak..." (dikira temen gw jualan pecel kali ya?!)
"Saya mau loh nganterin mbak pulang."

"Ga usah, pak. Ga usah repot2" (pede level dewa nih orang)

"Saya nyetir motor loh, mbak"

"Ga usah, pak. Kan temen saya, Si Desa, juga nyetir motor"
(nyetir motor aja bangga! nyetir getek sampe sini, baru bangga!)


Yah...begitulah cerita2 pas UAN kemaren. Gimana pun juga, gw doain spy anak2 di sekolah gw, AL-Pukat, dan sekolah2 lain lulus. Amiiiinnn...
MySpace

Buat Bunga Desa Sebelah, maap karena ceritanya ga lengkap dan aclok2an. Tapi intinya gitu kan?!

Kesempurnaan milik Tuhan... Ketidaksempurnaan milik saya... Nanti kembali lagi di Dorce Show, Show, Show...    

No comments:

Post a Comment