Thursday, October 25, 2012

Apaaaaa??? Dia belum nikah?!!

Sebagai cewek (sumpah, gue beneran cewek) umur 24 tahun yang udah setahun ngejomblo, gw sebenernya udah ngerasa kebal sama pertanyaan-pertanyaan kayak "Koq belum punya pacar sih?", "Kapan nikahnya nih?".
Atau ada orang yang sok-sok perhatian sama orang tua gue dengan nanya, "Kapan mungut mantunya?"
Lalu bokap gue dengan perkasanya menjawab (baca dengan logat Batak ala Poltak, si raja singa...eh, raja minyak), "Kau pikir menantu itu sampah bisa kau pungut-pungut macam itu?! Suka-suka anakku lah kapan dia mau kawin."
Walaupun gue agak merengut dengan kalimat "suka-suka anakku lah kapan dia mau kawin" (yang, menurut gue, secara tersirat menganjurkan maksiat), gue ngerasa senang karena dibelain orang tua di depan keluarga besar. Hahahaha...rasakan kekuatan orang tua gue, pembela kebetulan (kebetulan lagi belain anaknya)
MySpace

Sebenarnya gue cukup beruntung karena gue punya orang tua yang cukup demokratis dan berpikiran luas, bukan cuma jidatnya yang luas. Hehehe...bercanda koq enyak dan babeh...  
  MySpace

Gue ngerasa prihatin ajah sama orang (terutama cewek) yang dipaksa untuk nikah walaupun ga sesuai dengan keinginannya dan umurnya.
Hal ini dialami dua temen sekolah gue...


Yang pertama adalah temen SMP gue (gue pernah SMP loh, suer deh) yang namanya gue samarkan jadi Bougenville (gue bosen sama nama samaran macam Bunga, Melati, sama Mawar). SMP tempat gue menuntut ilmu, yang juga tempat gue menuntut temen-temen gue untuk nraktir gue, bisa dibilang ga kreatif. Temen sekelas gue dari kelas 1 sampe 3 sama terus, ga ganti-ganti (klo sekarang kelas 7 - 9; laen dah yang sekolah di zaman Jokowi berkuasa sama gue yang sekolah di zaman Daendels berkuasa).  
 Tuzki Bunny Emoticon

Bougenville ini ga punya pacar selama masa SMP (FYI, sama kayak gue). Makanya gue kaget sampe terguling-guling dan menggelepar ketika gue denger bahwa dia langsung dinikahin setelah lulus SMP. Artinya, dia harus beranak pinak serta ngurus suami di usia 14 tahun. Dan artinya juga, dia ga akan lanjut SMA.

Yang kedua adalah temen SMA gue yang bisa disebut Kamboja. Gue sekelas sama dia di kelas 3 SMA (a.k.a kelas 12). Di bulan Desember (5 bulan menuju kebebasan dari sekolah alias UN), Kamboja dikabarkan dapat dispensasi karena harus ikut lomba PMR. Tapi masa iya dispen sampe sebulan?

Gue sama temen-temen sekelas dan guru wali kelas gue curiga. Tapi waktu itu, curiga kami masih positif. Kami pikir Kamboja itu sakit parah, kayak korengan akut atau panu stadium 4 atau conge akut, makanya lama banget ga sekolah-sekolah. Akhirnya beberapa temen gue dan wali kelas berniat baik mau nengokin Kamboja.
Pas mereka sampe di rumah Kamboja, yang ternyata cukup slum, mereka ga diizinin ketemu sama Kamboja. Kata nyokapnya, dia lagi dipingit karena seminggu lagi mau nikah. Whaaaaat?!!!!!
MySpace

Waktu itu gue ga habis pikir, kenapa mereka ga selesaiin dulu sekolahnya baru nikah? Padahal tinggal sedikit lagi, lulus. Sadar dong, pren, sadaaaaaaaaar....!!

Tuzki Bunny Emoticon

Gue menggalau berusaha memahami jalan pikiran mereka dan orang tuanya. Oke, mereka masih di bawah 17 tahun jadi harus nurut, ga boleh berontak sama orang tua. Tapi apa orang tuanya ga tau bahwa umur segitu belum layak untuk berumah tangga?! Wong mereka masih pengen jadi alay, nonton Dahsyat sambil joget 'cuci-jemur'...eh, udah harus nyusuin anak.

Lalu gue mencoba mengambil sudut pandang ekonominya. Dua orang temen gue ini emang ga beruntung, ekonominya cukup babak belur. Tapi apakah dengan menikahkan anaknya, masalah uang ini jadi beres? Anaknya ajah dinikahin bukan sama anak konglomerat tapi dengan yang level keuangan hampir sama dengan mereka. Bisa ngurangin jatah beras sebulan tapi belum tentu anaknya bahagia.

Sampe detik ini, gue masih bingung dengan keputusan Kamboja dan Bougenville. Tapi gue yakin mereka punya alasan kuat sampe-sampe ngorbanin pendidikan dan masa muda mereka. I wish you both happiness.
MySpace

Memang di Indonesia ini, masih banyak orang yang berpandangan bahwa klo cewek udah umur hampir 30 atau udah 30 atau lebih dari 30 tapi belum nikah adalah aib, cewek ga laku; dipandang lebih aneh daripada orang yang ga pake celana dalem waktu berangkat sekolah atau kerja. Padahal gue sangat yakin, mereka bukannya ga laku.

Klo di AS atau negara-negara lain, banyak yang belum menikah di usia 40an atau baru menikah di usia segitu. Tapi mereka ga dianggap aneh. Contohnya Jennifer Aniston sama Justin Theroux; usia mereka itu 43 dan 41, dan mereka baru tunangan. Emang sih Neng Jennifer ini janda kembangnya Aa Brad Pitt. Tapi Kang Justin ini belum pernah nikah sebelumnya, padahaln umurnya udah lebih dari 40. Alih-alih  dipandang sinis, orang-orang justru ngedoain yang terbaik buat mereka.

Gue bisa bayangin klo ada pasangan model begini di negeri ini. Pasti ada percakapan gini:
X: Jeng, tuwir abis ya ini 2 orang.
Y: Iya, masa umur 43 sama 41 baru tunangan! Kapan nikahnya? Trus anaknya nanti gimana?
X: Klo bisa punya anak... Si cewek kan udah umur 43! Mana kuat ngelahirin lagi?
Y: Iya juga ya... 43 kan udah mau deket menopause. Klo udah kayak gitu, mana bisa "puasin" suami lagi?
X: Klo soal itu mah, tenang ajah. Nanti saya yang bantuin.
Y: ...
MySpace

Emang sih beda negara berarti beda budaya, beda latar belakang, beda pola pikir, dan beda situasi. Tapi apakah kita ini ga bisa punya cara pandang seperti mereka? Klo ada yang belum menikah di usia yang mapan, ga biasakah kita menghargai keputusannya? Ga bisakah kita ga ngomongin yang jelek-jelek tentang mereka?

Menurut gue, ada 2 alasan kenapa mereka memutuskan untuk belum menikah. Pertama, mereka belum nemu pasangan yang tepat. Ga mudah loh mencari orang yang bisa buat kita nyaman. Jadi klo mereka akhirnya dapet (walaupun di umur 40an), ikut senanglah sama mereka. Jangan disinisin!

Alasan kedua adalah mereka emang ga mau menikah. Mereka mungkin merasa lebih sendiri; ga ada tanggung jawab ganda, lebih bebas. Klo itu yang mereka mau, kenapa kita yang musingin? Itu keputusan pribadi mereka. Untung ruginya pasti udah mereka pertimbangkan. Terus kenapa kita yang kepo dan ribet?!
Tuzki Bunny Emoticon Ibaratnya ada orang yang mau pake celana jeans ke pasar tradisional. Mereka pasti punya alasannya, mungkin celana yang lain belum kering. Dia pasti juga sadar untung ruginya pake jeans ke pasar yang becek. Eh...malah dikomentarin! Sebenernya kan mending pake jeans daripada ga pake celana sama sekali.

Sama halnya dengan nikah. Belum dapet soulmate tapi diharuskan nikah, akhirnya semangka makan semangka. Kan lebih repot itu!
MySpace

Gue secara pribadi ingin menikah tapi gue ga mau dipaksa-paksa oleh pihak mana pun. Gue pengen mencari sendiri jodoh gue tanpa tekanan, dan gue yakin gue pasti bisa. Gue juga berharap gue ga butuh waktu lama dalam proses pencarian gue. Doain gue yeeee...
MySpace

Sementara itu, gue berusaha berpikiran positif terhadap yang memutuskan untuk belum atau ga menikah. And I hope you do too........ 

No comments:

Post a Comment