Friday, October 26, 2012

Chelsea-ku Tersayang

Gue cinta banget ama ini klub dari zaman gue SMA tahun 2004, Chelsea FC. Ga berasa udah 8 tahun gue ikutin sepak terjang klub unyu ini, mulai dari kekalahan yang dalem sampe kemenangan yang berarti (tsah!).
Karena gue sukanya sekarang-sekarang ini, gue berusaha untuk jadi cewek yang bukan cuma ngerti peraturan main bola dan pemain-pemainnya tapi juga sejarahnya.
Sambil nambah wawasan sendiri, gue mau share juga sama The True Blues yang lain tentang sejarah ama pernak-pernik klub kita tercinta...
Tuzki Bunny Emoticon



London 1904, ada bapak-bapak namanya H.A. Mears yang beli stadion Stamford Bridge. Stadion kebanggaan kita bersama ini tadinya stadion atletik tapi mau dibikin jadi stadion sepak bola. Ga lucu dong punya stadion bola tapi ga ada yang main di situ (atau malah lucu?) jadi Bapak Mears bikin klub bola juga. Sama kayak di Indonesia, nama klub biasanya disamain sama nama daerahnya. Stamford Bridge itu letaknya di jalan Fulham. Tapi karena ada klub lain yang namanya Fulham, doi ga jadi pake nama itu deh.

Ada 3 alternatif nama kayak Kensington FC, Stamford Bridge FC dan London FC  yang sempat mau dipilih. Tapi pas doi lagi jadi anak gaul nongkrong di pub The Rising Sun, doi ngediriin Chelsea FC. Itu tanggal 10 Maret 1905. Keren juga ya! Lagi mabok bisa ngediriin klub bola. Klo gue lagi mabok, gue pasti panik nyariin tolak angin ama antimo. Mana kepikiran bikin klub bola?!
MySpace

Pertandingan pertama Chelsea itu tanggal 2 September 1905, kalah dari Stockport County. Biarpun gitu, Chelsea dari dulu memiliki reputasi mendatangkan pemain-pemain terkenal dan penonton yang banyak tapi belum sukses pas masa-masa Perang Dunia I dan II. Udah gitu, Chelsea juga pernah ngerasain divisi 2 dan divisi 1. Gelar pertama Chelsea itu juara divisi 1 Liga Inggris 1954-1955. Tapi abis itu, Chelsea susah banget ngerangsek ke papan atas. Paling banter papan tengah atau malah papan bawah.

Chelsea baru bisa jadi juara liga lagi 50 tahun lagi pas Abang Roman Abramovich (yang gue gadang-gadang sebagai orang terkaya sekabupaten Moskow) dateng dan beli klub ini tahun 2005. Waktu itu manajernya Aa Jose Mourinho (orang paling ganteng sekabupaten Lisbon). Selain juara liga, Chelsea juga juara Piala Carling. Tahun 2006, Chelsea juara liga lagi...hobi mungkin ya. Tahun 2007, Chelsea ga juara liga tapi juara Piala Carling sama Piala FA; mungkin supaya ada variasi hidup.

Abis itu Chelsea ganti-ganti pelatih: Aa Jose, Broer Avram Grant, Bro Luiz Felipe Scolari tapi paling-paling Chelsea cuma jadi runner-up. Terus datenglah Kang Guus Hiddink. Biar kata cuma sebentar, Kang Guus bisa bawa Chelsea jadi juara piala FA. Nah...musim 2009-2010, Chelsea datengin pelatih kenamaan, Bung Carlo Ancelotti.

Banyak banget yang Bung Carlo lakuin buat Chelsea: juara Community Shield 2009, juara liga, juara piala FA. Pas akhir musim, Chelsea kan jadi juara liga dan Piala FA, pencapaian pertama dalam sejarah Chelsea. Chelsea juga jadi klub ketujuh yang bisa ngawinin gelar Double winner ituh. Striker Chelsea waktu itu, Didier Drogba dapet Golden Boot karena jadi pencetak gol terbanyak, 29 gol (waktu itu udah mantep banget loh!). Pas pertandingan terakhir liga tanggal 9 Mei 2010, Chelsea menang gede banget dari Wigan, skor telak 8–0, Drogba nyetak 3 gol. Chelsea juga bikin rekor menang mutlak 100% sama semua tim besar EPL (Manchester United, Liverpool, dan Arsenal). Mantep toh, enak toh, asik toh... Tak gendong ya (loh?)

Tapi sayangnya, Bung Carlo dipecat gara-gara Chelsea kalah di pertandingan terakhir musim 2010-2011. Waktu Chelsea kalah di kandang 1-0 sama Everton. Karena kalah itu, Chelsea cuma jadi runner-up di musim kedua Bung Carlo. Musim berikutnya, Chelsea datengin pelatih yang lebih cocok jadi model minyak 'Firdaus' daripada manajer klub, AVB. Tapi karena waktu itu, Chelsea kalah melulu akhirnya AVB dipecat di bulan Maret 2012.

Gantinya adalah asisten AVB, Roberto Di Matteo, yang dulunya juga pemain Chelsea. Waktu itu status doi pelatih sementara. Biarpun cuma pelatih ad interim (istilah keren buat 'sementara'), doi berhasi bikin Chelsea jadi juara piala FA (lagi) dan juara Liga Champions.

Waktu gue nonton final Liga Champions itu, gue deg-degan abis, udah kayak perawan desa lagi nunggu dilamar anak pak lurah. Nah...waktu Drogba berhasil ngegolin pas adu penalti, rasanya seneeeeeeeeeeeeng bangeeeeeeeet....! Gue loncat-loncat di atas tempat tidur (daripada tempat tidur yang loncat-loncat di atas gue). Dan kemenangan itu, bikin Chelsea jadi klub London pertama yang bisa jadi juara Liga Champions.
MySpace

Saat ini, musim 2012-2013, Liga Inggris baru mau masuk minggu ke-9. Chelsea masih jadi pemimpin klasemen, poinnya 22. Di nomor 2 dan 3, ada MU sama MC, poinnya 18. Di Liga Champions, Chelsea masih di no 2 di klasemen grup. Dan akhir minggu ini, ada pertandingan super duper huge, big match Chelsea vs MU. Moga-moga Chelsea bisa menang (gue yakin pasti bisa....klo sesial-sialnya, Chelsea sampe kalah, masih tetep pemuncak klasemen koq, hihihi...)
Tuzki Bunny Emoticon

Ini nih squad utama Chelsea yang paling anyar, menurut Wikipedia (dan menurut penglihatan gue di lapangan):

No.
Pos. Nama
1 Bendera Republik Ceko GK Petr Čech (Kapten ketiga)
2 Bendera Serbia DF Branislav Ivanović
3 Bendera Inggris DF Ashley Cole
4 Bendera Brasil DF David Luiz
6 Bendera Spanyol MF Oriol Romeu
7 Bendera Brasil MF Ramires
8 Bendera Inggris MF Frank Lampard (Wakil kapten)
9 Bendera Spanyol FW Fernando Torres
10 Bendera Spanyol MF Juan Mata
11 Bendera Brasil MF Oscar
12 Bendera Nigeria MF John Obi Mikel
13 Bendera Nigeria MF Victor Moses

No.
Pos. Nama
15 Bendera Perancis MF Florent Malouda
17 Bendera Belgia MF Eden Hazard
19 Bendera Portugal DF Paulo Ferreira
21 Bendera Jerman MF Marko Marin
22 Bendera Inggris GK Ross Turnbull
23 Bendera Inggris FW Daniel Sturridge
24 Bendera Inggris DF Gary Cahill
26 Bendera Inggris DF John Terry Kapten
28 Bendera Spanyol DF César Azpilicueta
34 Bendera Inggris DF Ryan Bertrand
40 Bendera Portugal GK Henrique Hilário

Dan ini dia, tampang pemilik Chelsea yang tajir abis, Roman Abramovich. Gayanya ajah udah kayak orang kaya.
 

Klo yang ini pelatih Chelsea teranyar, Roberto Di Matteo. Tapi poto ini waktu doi masih jadi pemain Chelsea. Doi lagi ngangkat piala FA karena waktu itu Chelsea menang piala FA (ya iyalah, masa piala tarkam!) tahun 1997. Senyumnya itu loh, cin! Yuk...


Ini Aa John Terry, kapten Chelsea. Biarpun banyak kontroversi, gue tetep demen banget ama dia. Doi lah manusia terakhir yang ngalangin bola sebelum kiper. Mainnya okeh banget di lapangan walaupun bad boy. Tapi biasanya bad boy yang paling menarik buat cewek-cewek, ya kan?!


Ini waktu Chelsea diarak sepanjang London abis menang Liga Champions. Rame banget yak?!

 
Chelsea udah sering ganti logo, 5 kali. Bayangin klo kita ganti baju sehari lima kali, sering kan?! Nah..ini kumpulan logo-logonya. Tau dong yang paling anyar yang mana?


Ini penampakan stadion kebanggan milik kita bersama, Stamford Bridge. Bagus ya? Rumputnya cakep amat, ga kayak rumput lapangan komplek rumah gue. Alamatnya di Jalan Fulham, London SW6 1HS. Kapasitasnya juga lumayan, 41.837 penonton. Rekor penonton terbanyak waktu Chelsea vs Arsenal tanggal 12 Oktober 1935, 82.905 penonton. Gue ga tau mereka duduk dimana. Ngedeprok kali ya? Rekor penonton paling sedikit waktu Chelsea vs Lincoln; cuma ada 3.000 orang.  Dan jangan salah, ini stadion juga pernah dipake untuk pertandingan internasional Inggris, mulai dari tahun 1909-1946. Mudah-mudahan gue bisa secepatnya ke sana untuk ngedukung Chelsea langsung.

Klo yang ini namanya Stamford the Lion. Dia ini maskotnya Chelsea. Saking cintanya ama Chelsea, dia sampe ikut latihan bareng Sturridge dan Malouda. Jadi klo pemain lawan pada curang, waswas lah, waswas lah! Diaum loh nanti...


Yang namanya klub bola itu lekat dengan anthem atau lagu yel-yelnya. Sebenernya Chelsea punya banyak lagu anthem tapi yang paling terkenal ada dua. Yang pertama adalah KTBFFH alias Keep The Blue Flag Flying High. Lagu dan judulnya ini perannya mirip sama GGMU-nya Manchester United. Ini nih liriknya:

Flying high, up in the sky,
We'll keep the blue flag flying high
From Stamford Bridge to Wembley
We'll keep the blue flag flying high


Lagu ini dinyanyiin dengan riang hati waktu Bayern Muenchen vs Chelsea di Liga Champions kemaren. Gile bener! Allianz Arena, kandang Muenchen, malah rame ama anthem-nya Chelsea.




Yang kedua itu Blue is the Colour (ejaannya British banget!). Malahan lagu ini pernah direkam dan dijual secara komersial tahun 1972. Yang nyanyi? Ya..pemain-pemain Chelsea pada saat itu. Dari situ gue mengambil kesimpulan: untuk jadi menjadi pemain bola, kita butuh bakat yang lain selain main bola...lumayan nambah duit buat beli beras. Lagu ini selalu dimainin di laga kandang Chelsea dan semua partai final Chelsea.
Ini cover albumnya:

Liriknya ini:

Blue is the colour, football is the game
We're all together and winning is our aim
So cheer us on through the sun and rain
Cos Chelsea, Chelsea is our name.

Here at the Bridge, whether rain or fine

We can shine all the time
Home or away, come and see us play
You're welcome any day

Blue is the colour, football is the game

We're all together and winning is our aim
So cheer us on through the sun and rain
Cos Chelsea, Chelsea is our name

Come to the Shed and we'll welcome you

Wear your blue and see us through
Sing loud and clear until the game is done
Sing Chelsea everyone

Blue is the colour, football is the game

We're all together and winning is our aim
So cheer us on through the sun and rain
Cos Chelsea, Chelsea is our name.

Blue is the colour, football is the game

We're all together and winning is our aim
So cheer us on through the sun and rain
Cos Chelsea, Chelsea is our name.

Lagunya bisa didengerin di sini, cekidot:


Untuk sementara, ini dulu yang gue share soal Chelsea FC. Yang lain-lain bakal menyusul. KTBFFH!

2 comments:

  1. Keren bgt Agan/Aganawatk ane juga pencita Chelsea, sejak ane masih SD aja udah pasang poster Chelsea.
    waktu itu ane kelas 5 SD tahun 2002 jamannya cerpo dan Raneiri pelatih nya.

    Top jadi pengen bikin blong kaya gini hahaha

    ReplyDelete